Senin, 17 Januari 2011

SEJARAH TELEMATIKA

SEJARAH TELEMATIKA


Telekomunikasi adalah cara mengirimkan pesan dari tempat yang satu ke tempat lain, yang dilakukan secara dua arah (timbal balik). Telekomunikasi meliputi komunikasi jarak jauh, dalam hal ini diantaranya adalah komunikasi data dalam jaringan komputer, TV, telpon, radio, telegraf/telex dan fax. Informatika berasal dari bahasa Inggris, yaitu Informatics. Informatika adalah ilmu yang mencakup proses analisa, merancang dan mengimplementasi software dan memilih hardware yang kompatibel dengan suatu aplikasi dengan prinsip logika dan teknik algoritma yang memasukkan problem dari dunia nyata ke dalam bentuk solusi.

Tahun 1978 diperkenalkanlah sebuah istilah baru oleh Simon Nora dan Alain Minc di bukunya L'informatisation de la Societe, bahasa tersebut adalah Telematika. Kata Telematika berasal dari bahasa Perancis, yaitu telematique yang dibentuk dari penyatuan kata telekomunikasi dan informatika. Telematika adalah industri yang saling terkait dengan menggunakan komputer dalam suatu sistem telekomunikasi. Contoh dari Telematika adalah Internet.

Telematika biasanya digunakan dalam beberapa bidang, seperti:
  1. Integrasi sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). ICT sendiri adalah ilmu yang berhubungan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan memakai peralatan telekomunikasi.
  2. Secara umum, telematika juga digunakan pada teknologi GPS (Global Positioning System) sebagai bagian komunikasi yang sering berpindah-pindah (mobile communication technology).
  3. Secara spesifik, telematika digunakan dalam bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics)

Perkembangan Telematika di Indonesia terbagi dalam tiga periode, yaitu :
  1. Periode Rintisan (1070-an sd akhir tahun 1980-an)
    Tahun 1970-an adalah awal mula dari zaman informasi. Sayangnya Indonesia tidak mengikuti perkembangan telematika dikarenakansumber daya listrik yang terbatas serta sedikitnya perhatian dari masyarakat dan pemerintah. Tahun 1980-an terjadi perubahan yang sangat drastis. Hal ini dibuktikan engan Swasembada pangan yang dicapai Indonesia di tahun 1984 yang berdampak pada penggunaan teknologi informasiyang dibuktikan dengan adanya teleconference setiap 1 bulan sekali di stasiun tv pertama di Indonesia, yaitu TVRI (Televisi Republik Indonesia). Di dalamnya terdapat dialog interaktif antara Presiden Suharto di Jakarta dengan petani yang berada di luar jakarta.

  2. Periode Pengenalan
    Pada tahun 1990-an telematika mengalami kemajuan yang dibuktikan dengan banyaknya masyarakat yang menggunakannya. Dimulai dengan adanya radio amatir yang sedang populer saat itu di Indonesia. Tahun 1994 masyarakat Indonesia diperkenalkan dengan sesuatu yang baru yang bernama Internet. IPTEKnet adalah provider ISP (Internet Service Provider) yang pertama kali berdiri di Indonesia yang kemudian disusul oleh INDOnet yang bersifat lebih komersil.

  3. Periode Aplikasi
    Awal tahun 2000, pemerintah Indonesia mulai menanggapi perkembangan telematika yang dituangkan dalam sebuah Keputusan Presiden No. 50 Tahun 2000 tentang Tim Koordinasi Telematika Indonesia (TKTI) dan Instruksi Presiden No. 6 Tahun 2001 tentang Pendayagunaan Telematika. Direktorat Jendral Aplikasi Telematika (Dirjen Aptel) situnjuk sebagai badan yang mengatur dan melaksanaan semua usaha yang berhubungan dengan telematika. Dirjen Aptel bertanggungjawab kepada Menteri Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia.

Nama : Suryo Prabowo Widodo
NPM : 11107644
Kelas : 4KA14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar