Minggu, 02 Mei 2010

Rasulullah pun Pernah Salah

Suatu ketika, Rasulullah SAW shalat berjamaah bersama sejumlah kaum muslim di masjid Nabawi. Ketika mereka baru melakzanakan dua rakaat, beliau mengucapkan salam. Tiba-tiba beliau berdiri dengan bersandar pada sebatang kayu yang melintang di dalam masjid.
Lalu para sahabat pun bertanya-tanya, apakah beliau lupa ataukah shalat isya kini dikurangi rakaatnya? Penasaran dengan hal tersebut, Dzu Al-Yadain mendekati Rasulullah SAW dan bertanya kepada beliau, "Wahai Rasul, apakah engkau tadi lupa ataukah memang shalat isya kini dikurangi menjadi dua rakaat?"
"Aku tadi tidak lupa dan shalat isya tetap empat rakaat. Tidak dikurangi," jawab beliau, belum menyadari apa yang terjadi.
Sejenak Rasulullah SAW berdiam diri. Tiba-tiba beliau bertanya, "Benarkah apa yang dikatakan Dzu Al-Yadain tadi? Apa aku hanya shalat dua rakaat?"
"Benar, wahai Rasul," jawab beberapa orang yang hadir.
Mendengar jawaban demikian, Rasulullah pun sadar bahwa beliau tadi lupa bahwa shalat isya yang dilakukannya hanya dua rakaat. Beliau kemudian berdiri lagi untuk menyempurnakan shalat jumlah rakaat yang belum terjalani. Selepas mengucapkan salam, beliau kemudian bertakbir untuk melakukan sujud sahwi sebanyak dua kali, lalu beliau mengangkat kepala, lantas mengucapkan salam.
Usai melaksanakan shalat, Rasulullah SAW kemudian berdiri dan berkata, "Kalau ada ketentuan baru tentang shalat, tentu kuberitahukan kepada kalian. Tetapi, aku ini juga manusia seperti kalian. Aku pernah lupa seperti kalian. Karena itu, apabila aku lupa, ingatkanlah aku. Apabila seseorang ragu-ragu tentang berapa hitungan rakaat atau rukun shalat yang dilaksanakannya, hendaklah dia memastikan apa yang dianggapnya benar. Lantas, hendaknya dia menyempurnakan apa yang dianggapnya kurang, kemudian mengucapkan salam dan bersujud sahwi dua kali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar