Minggu, 04 April 2010

Apa itu Pure Power Supply?

PSU true power (atau lebih sering dikenal dengan istilah Pure Power Supply) memilki efisiensi yang tinggi hingga 85% lebih dibandingkan Power Supply biasa. Pada Power Supply biasa sebenarnya hanya 30-35% saja daya real yang dikeluarkan oleh Power Supply tersebut, terlebih saat suhu operasinya naik lebih dari 40 derajat cecius dan akan menurunkan kinerja komputer.

Selain itu adanya beberapa pure Power Supply yang menggunakan dual rails (2 kanal +12v) pada +12v membantu dalam hal pendistribusian daya yang lebih efisien. Biasanya power supply true power ini memiliki fisik yang jauh lebih berat karena memliki komponen yang lebih baik dan banyak terutama trafo yang lebih besar juga disertai heatsink/fan yang baik pula. Acbel, FSP, Tagan, Aopen, Corsair adalah contoh merk Power Supply yang cukup baik. Merk-merk tersebut bahkan memiliki peak watt yang lebih besar dibandingkan dengan yang tertulis.

Meskipun dengan harga sedikit lebih mahal, namun stabilitas dan keawetan komponen lebih terjaga. Jika sistem PC Anda merupakan kategori mainstream, dengan VGA SLI maka minimal 400 pure power adalah syarat minimal, raol +12v adalah diatas 18A atau 26A combined. Untuk Anda yag gemar Over Clocking, atau PC Anda adalah high/extreem dengan fasilitas 4 slot SLI, Quad CF maka lebih baik lagi daya PSU Anda diatas 550 watt dengan dual rail atau quad rail 36A keatas.

Sumber : http://masiqbal.net/panduan-memilih-power-supply.php (dengan perubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar