Minggu, 04 April 2010

Perbedaan RAM kelas Valuedengan RAM kelas Premium

Semakin mahal memory maka akan lebih cepat? Itulah kesalahan umum dari kebanyakan user yang menganggap RAM sekelas Corsair Dominator, OCZ reaper, Team Extreme, A-Data Extreme, yang memakai heatsink atau bahkan ada yang memakai water cooling dapat menaikan performa komputer mereka. Untuk pemakaian sehari-hari perbedaannya dengan memory kelas value tidak akan terasa. Semahal apapun harga memory tidak akan meningkatkan performa menjadi lebih cepat 2x-nya.

Apa sih yang membuat mereka berbeda? Sebenarnya yang membedakan kinerja dari RAM tersebut adalah jenis chip yang digunakan, jadi para produsen membeli chip tersebut dari pabrik lain dan membuat atau me-relabel chip tersebut. Intinya ada kemungkinan juga merek berbeda seperti Apacer, Visipro, Vgen yang mempunyai chip yang sama.

Perbedaan dari RAM kelas value dengan RAM kelas Premium tidak akan terasa perbedaan kinerjanya penggunaan sehari-hari, perbedaannya hanya akan terasa pada saat benchmark memory. Untuk RAM kelas value yang beredar di pasaran menggunakan IC (chip) Samsung dan Hynix(Hyundai). Pada RAM kelas Premium untuk melikat chip yang digunakan akan lebih sulit, hal ini dikarenakan chip tersebut ditutupi oleh heatsink dan beberapa merk diantaranya tidak mengijinkan pembukaan heatsink dengan alasan garansi.

RAM bukan dilihat dari mereknya, atau juga bentuknya serta harganya. Kalau harga RAM sampai 1 juta sekalipun dengan heatsink dan bentuk yang terlihat "sangar" tapi kita tidak menggunakannya untuk keperluan sehari-hari saja,hal itu sangatlah mubazir. Punya RAM jutaan dengan heatsink dan bentuknya yang bagus namun menggunakan chip Hynix atau samsung,itu samasaja seperti kita membuang duit dengan percuma karena kinerjanya sama dengan RAM kelas value. Karakteristik dari chip yang dipakai akan menentukan kualitas RAM tersebut. Kualitas RAM yang biasanya dilambangkan dari harga-nya dapat dilihat dari kemampuannya untuk berjalan di timing ketat dan juga frekuensi tinggi (overclocking).

Sumber : http://masiqbal.net/tips-memilih-ram.php (dengan sedikit perubahan)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar