Kamis, 25 November 2010

TEKNOLOGI PADA TELEMATIKA

Teknologi Pada Telematika

Pengertian antarmuka (interface) adalah layanan yang telah ada pada sistem operasi yang bertujuan untuk menjadi jembatan antara user dengan sistem operasi. Terdapat dua jenis antarmuka, yaitu Command Line Interface(CLI) dan Graphical User Interface(GUI).

Command Line Interface (CLI)

CLI adalah model interaksi antara user dengan sistem operasi melalui text-terminal dimana text terminal merupakan jembatan penghubung interaksi tersebut. Untuk melakukan interaksi dengan sistem operasi, user harus mengetikkan perintah menggunakan text dengan mengetikkannya pada baris-baris tertentu.

Graphical User Interface (GUI)

GUI adalah tampilan antarmuka yang digunakan oleh sistem operasi untuk berinteraksi dengan user. Tampilan antarmuka GUI dapat berupa ikon, gambar, menu, grafik, ataupun menggunakan "pointing device" seperti mouse atau track ball. Elemen-elemen utama dari GUI biasa disebut dalam istilah konsep WIMP ( window, icon, menu, pointing device).



JARINGAN WIRELESS

Jaringan lokal nirkabel (wireless) atau WLAN adalah sebuah jaringan yang hanya mencakup area lokal tanpa menggunakan kabel (nirkabel) dimana untuk menghubungkannya media tranmisinya yang digunakan adalah gelombang radio. Area yang berada di dalam WLAN atau berada di dalam area WLAN akan mendapatkan koneksi jaringan secara nirkabel untuk melakukan pertukaran data ataupun koneksi internet. Area WLAN dapat berjarak dari antar ruangan pusat wireless ke seluruh area gedung (kantor, kampus, sekolah, dll). Pusat dari jaringan nirkabel ini menggunakan kable untuk menghubungkan pusat tersebut dengan server dari jaringan, lalu dari pusat nirkabel ini akan memberikan layanan atau akses kepada pengguna yang berada di dalam wilayah WLAN untuk melakukan koneksi ke jaringan internet.

Secara umum terdapat 2 jenis konfigurasi untuk jaringan berbasis WLAN, yaitu:
1. Berbasis Ad-hoc
Pada jaringan ini, komunikasi komputer dengan komputer yang lain dilakukan secara langsung selama sinyal dari Access Point dapat diterima dengan baik oleh komputer yang berada di dalam area WLAN ini.
2. Berbasis Infrastruktur.Pada jaringan berbasis infrastruktur Access Point yang digunakan untuk menghubungkan WLAN dengan jaringan berbasis kabel dapat lebih dari satu, jadi Access Point akan melakukan koneksi ke jaringan kabel terlebih dahulu lalu menghubungkan user ke dalam jaringan menggunakan WLAN atau secara nirkabel.

LAN nirkabel adalah jaringan tanpa kabel dimana untuk melakukan koneksi atau transaksi pertukaran data dari komputer yang satu ke komputer yang lainnya menggunakan frekuensi radio yang merupakan dasar dari transiver radio dua arah yang bekerja di bandwith 2,4 GHz (802.11b, 802.11g) atau 5 GHz (802.11a). Kebanyakan peralatan mempunyai kualifikasi Wi-Fi, IEEE 802.11b atau akomodasi IEEE 802.11g dan menawarkan beberapa level keamanan seperti WEP dan atau WPA.

Berikut adalah tabel perbandingan standar WLAN 802.11, 802.11a, 802.11b, 802.11g
Penggunaan teknologi jaringan berbasis wireless merupakan pilihan yang tepat saat ini. Dengan portabilitas dan kompatibiltas yang di tawarkan oleh teknologi wireless tentunya merupakan pilihan yang sangat menarik. Namun di balik itu harus di pertimbangkan juga teknologi wireless apa yang tepat untuk di terapkan sehingga dapat benar-benar membantu para user. Hal ini dapat di lihat dari perbedaan dari masing-masing standar wireless yang tersedia saat ini (802.11, 802.11a, 802.11b, 802.11g). Dilihat dari sisi keamanan, tentunya 802.11b sedikit lebih baik karena dapat menerapkan metode enkripsi dengan menggunakan protokol WEP di dalam jaringan tersebut. Kalau dilihat dari sisi tidak adanya gangguan/ noise tentunya teknologi 802.11a lebih unggul karena standar ini hanya menggunakan frekuensi 5 GHz dimana frekuensi ini tidak banyak digunakan oleh perangkat-perangkat berbasis wirelees lainnya. Sehingga untuk mengatasi masalah-masalah tersebut diatas , maka standar 802.11g muncul untuk menjembatani kelemahan pada standar 802.11a dan 802.11b.



TERMINAL

Terminal adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan komputer yang lainnya dengan komputer Host untuk melakukan pertukaran data.
Dari kemampuan pemrosesan yang dimiliki, terminal dapat dibagi menjadi 3 kelas yaitu :
1. Intelligent Terminal
Pada kelas ini terminal dapat diprogram oleh user dan biasanya hanya terdiri dari memory utama dan CPU. Selain itu, intelligeny terminal juga dapat diprogram oleh pengguna.
2. Smart Terminal
Pada kelas ini teminal memiliki kemampuan untuk memproses serta memiliki memory didalamnya. Terminal pada kelas ini tidak dapat diprogram oleh user karena terminal pada kelas ini hanya dapat diprogram oleh pabrik/vendor pembuat terminal tersebut.
3. Dumb Terminal (Non Intelligent Terminal)
Terminal pada kelas ketiga ini tidak memiliki kemampuan untuk memproses, namun memiliki fungsi lain yaitu sebagai alat untuk input dan output pada komputer. Karena tidak memiliki kemampuan untuk memproses, maka terminal pada kelas ini hanya menggunakan processor pada komputer untuk memproses data. Terminal pada kelas ketiga ini pun tidak dapat diprogram oleh user.


CHRISOPRAS ARISTA SELANNO (10107384)
SURYO PRABOWO WIDODO (11107644)
Kelas 4 KA 14

Tidak ada komentar:

Posting Komentar